Tagihan Listrik: Bagaimana cara mengeceknya

1 views

Tagihan listrik – Sudah bukan rahasia umum lagi kalau listrik di Indonesia cuma ada satu penyedia saja sob. Iya, Perusahaan Listrik Negara atau PLN adalah satu-satunya penyedia layanan listrik di Indonenesia.

Setiap orang membutuhkan listrik yang sudah menjadi satu dengan kebutuhan tempat tinggal.

Tidak hanya rumah tangga aja sob, tempat usaha juga memerlukan ketersediaan listrik untuk sehari-harinya.

Bayangkan kalau tidak ada listrik atau layanan listrik. Hahaha, udah nggak perlu dibayangin sob, ngeri soalnya.

Beberapa waktu yang lalu, pemerintah juga telah meresmikan meteran lsitrik prabayar. Hampir seperti meteran listrik pada umumnya, hanya saja pada meteran listrik prabayar pembayaran dilakukan sebelum listrik menyala.

Iya sob, jadi untuk meteran listrik yang paling baru—meteran prabayar—kurang lebih penggunaannya seperti provider selular prabayar.

Kita diharuskan mengisi token listrik atau pulsa listrik terlebih dahulu agar bisa menikmati layanan dari PLN.

Sebenarnya ada enaknya menggunakan meteran listrik prabayar, yaitu kita tidak perlu melakukan pembayaran rekening listrik ke kantor atau loket pembayaran lagi.

Tapi ada nggak enaknya juga ketika menggunakan meteran listrik prabayar, sob.

Yang bikin nggak enak ketika menggunakan rekening listrik atau meteran listrik prabayar adalah kita harus rajin melihat dan memantau listrik yang kita gunakan.

Selain itu beberapa orang terbiasa menggunakan listrik secara sembarangan, tanpa menghemat, akhirnya tagihan listriknya membengkak.

Mungkin lagi bagi beberapa orang lainnya mereka sudah terbiasa melakukan pengecekan penggunaan listrik, tapi ada juga yang belum terbiasa. Yuk mari simak yang berikut ini:

Cara Mengecek Tagihan Penggunaan Listrik

PLN memberikan dua opsi bagi para pelanggannya untuk melakukan pengecekan terhadap tagihan penggunaan listrik.

Nah, berikut ini adalah dua cara tersebut. Sobat bisa pilih salah satu untuk melakukan pengecekan tagihan penggunaan listrik yang sobat pakai nantinya.

Cara cek tagihan listrik via SMS

Cara yang pertama terbilang cukup mudah sob. PLN memberikan pilihan untuk melakukan pengecekan tagihan penggunaan listrik melalui sms.

Untuk pengecekan tagihan melalui SMS, PLN menyediakan layanan untuk memberikan notifikasi setiap bulan jika sobat berkehendak melakukannya.

Jadi setiap bulannya sobat bakal menerima sms mengenai pemakaian berjalan listrik di rumah sobat.

Atau sobat juga bisa hanya mengecek tagihan bulan berjalan saat ini saja, tanpa berlangganan.

Untuk cara yang berlangganan sobat bisa mengirim sms dengan format PLNON(No ID pelanggan), lalu kirim ke nomor 8123. (Untuk berhenti berlangganan sobat bisa ketik PLOFF(ID pelanggan) lalu kirim ke 8123.

Sedangkan untuk cara yang hanya mengecek tagihan bulan berjalan, sobat tinggal mengirim sms dengan format REK(No ID Pelanggan), lalu kirim ke nomor 8123.

Untuk setiap pengecekan, sobat dikenakan tarif 500/sms.

Cara cek tagihan listrik via situs

Cara yang kedua ini gratis sob. Kalau sobat ingin meliihat penggunaan listrik dari rekening sobat, silakan sobat langsung menuju situs resmi dari PLN di pln.co.id.

Nantinya di situ ada menu untuk melihat tagihan rekening. Sobat bisa ketikkan nomor id pelanggan sobat disitu dan akan muncul informasi terkait penggunaan listrik yang sobat pakai.

Untuk Informasi aja nih Sob, barangkali Sobat tertarik untuk mengasah jiwa bisnis. Kebetulan kami membuka kesempatan untuk Sobat-sobat yang ingin menjadi agen pulsa di tempat kami.

Misal sobat kehabisan pulsa atau kuota kan sobat jadi tidak perlu kesana – kemari mencari penjual pulsa. hehehe.

Kalau dari Sobat sekalian ada yang berminat, silakan Sobat langsung menuju ke sini: murahpulsa.net ya.

Dengan mendaftar menjadi agen pulsa di tempat kami prosesnya mudah dan banyak keuntungannya loh sob. Langsung buktikan saja sendiri, Sob.

bagaimana listrik mengeceknya tagihan

No related post!

Comments are closed.